PENTAS KOLABORASI INDONESIA & AUSTRALIA - ONTOSOROH

by - Agustus 23, 2013

ditulis oleh: Iman Widimulya



Minggu (18/8), pukul 17.00 penonton sudah mulai memadati area Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah  (TBJT) Solo - Jawa Tengah . Penonton yang hadir bukan hanya masyarakat lokal tetapi ada beberapa turis yang ikut serta menyaksikan pementasan "Ontosoroh" ini, bahkan seorang penonton dari Jakarta rela menempuh jarak ratusan kilometer hanya untuk sekedar berpartisipasi menyaksikan atmosfir disini.

"Ontosoroh" adalah karya kolaborasi Ade Suharto (Koreografer, Penari) dan Peny Candrarini (Komposer, Pesinden/Vokalis, Penulis lagu) bersama 3 musisi muda asal kota Solo yaitu Plenthe, Prisha Bashori Musthofa, dan Iswanto. Pementasan ini adalah 'Preview Seasons' menjelang Australia Premiere di OzAsia Festival, Adelaide, Australia Selatan pada tanggal 16 & 17 september 2013.

Didukung oleh tim Artistik dari Australia & Indonesia "Ontosoroh" mencoba menafsirkan kedalam tokoh utama Nyai Ontosoroh yang diambil dari "Bumi Manusia" karya Pramoedya Ananta Toer. Pementasan ini menggunakan Teks, gerak, suara serta idiom idiom seni pertunjukan lainnya untuk mengekspresikan beragaman aspek kepribadian Ontosoroh yang kompleks.

Pementasan ini didukung dengan tata lampu yang sederhana tapi memukau, Ilustrasi yang megah. Tapi kekurangan pada pementasan ini adalah eksplorasi pada tokoh Nyai Ontosoroh yang kurang dominan sehingga menyebabkan pementasan ini hanya seperti sekedar konser musik yang dibarengi dengan pentas tari.

Sayangnya pementasan ini tidak terlalu ramai di kunjungi penonton, tapi pementasan ini sudah memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pecinta dan penikmat seni di kota Solo.

You May Also Like

0 komentar